10 Maskapai Terbaik di Dunia 2016


Mungkin agan-aganwati semua sudah pernah merasakan empuknya kursi setiap maskapai penerbangan baik itu domestik maupun internasional. Tapi, pernahkah terlintas dalam pikiran kita maskapai mana sih nomor wahid di dunia?


Persaingan untuk memperebutkan posisi terbaik selalu dilakukan dengan berbagai cara oleh setiap maskapai, baik itu dalam kemudahan pelayanan, kenyamanan didalam kabin, menu yang disediakan dan keramahan staf kabin.

Nah, saya akan berbagi 10 maskapai terbaik di dunia tahun 2016 versi Skytrax. Skytrax merupakan perusahaan konsultan yang berdomisili di Inggris yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan. Perusahaan ini melakukan survei untuk menentukan maskapai, bandara, hiburan dalam pesawat, staf kabin dan unsur perjalanan udara terbaik lainnya.

10. Lufthansa (Jerman)

10 Maskapai Terbaik 2016


Dilansir dari laman wikipedia, Lufthansa merupakan salah satu maskapai penerbangan terbesar yang dimiliki oleh Jerman dan Eropa. Maskapai ini didirikan pada tahun 1926 dengan kantor pusat terletak di KÖln dengan bandar udara penghubung utama yaitu Frankfurt International Airport dan Munich International Airport.

There’s no better way to fly

Aliansi             : Star Alliance
Armada           : 286

9. Qantas Airways (Australia)

10 Maskapai Terbaik 2016


Qantas adalah maskapai tertua ketiga di dunia dan maskapai tertua yang yang beroperasi menggunakan nama aslinya. “QANTAS” merupakan singkatan dari Queensland and Northern Territory Aerial Service yang akrab disebut The Flying Kangaroo. Maskapai yang berpusat di Sydney ini memiliki bandara penghubung utama Kingsford Smith International Airport.

The World’s most Experienced Airline

Aliansi             : Oneworld
Armada           : 222

8. Eva Air (Taiwan)

10 Maskapai Terbaik 2016


Eva Air adalah maskapai penerbangan yang berpangkalan di Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan Republik Tiongkok. Eva Air didirikan pada tahun 1989 dan merupakan salah satu subsidi dari Evergreen group.
Aliansi             : –
Armada           : 50

7. Turkish Airlines (Turki)

10 Maskapai Terbaik 2016


Turkish Airlines merupakan maskapai penerbangan nasional Turki yang berbasis di Istanbul. Maskapai yang didirikan pada tahun 1933 ini memiliki bandar udara utama Ataturk International Airport.
Aliansi             : Star Alliance
Armada           : 304

6. Etihad Airways (Uni Emirat Arab)

10 Maskapai Terbaik 2016


Etihad Airways adalah maskapai nasional Uni Emirat Arab , Abu Dhabi yang dikenal sebagai salah satu “permata dari Teluk Persia”. Didirikan pada tahun 2003 dengan bandara utama Abu Dhabi International Airport. Kini Etihad dikenal sebagai salah satu maskapai yang paling berpengaruh menyaingi Qatar Airways dan Emirates dan memiliki penghargaan yang banyak setelah 10 tahun berdiri.

From Abu Dhabi to the World

Aliansi             : –
Armada           : 101

5. ANA All Nippon Airways (Jepang)

10 Maskapai Terbaik 2016


Merupakan maskapai penerbangan nasional Jepang yang berkantor di Shiodome City Center, Tokyo. Didirikan pada tahun 1952 sebagai Nippon Helicopter dan berubah menjadi ANA pada tahun 1957. Markas besar utama terletak di Narita International Airport dan bandara penghubung Tokyo dan Kansai International Airport.
Aliansi             : Star Alliance
Armada           : 209

4. Cathay Pacific (Hongkong)

10 Maskapai Terbaik 2016


Cathay Pacific merupakan maskapai yang berpusat di Bandara Internasional Hongkong dengan kode IATA untuk Cathay Pacific adalah CX. Didirikan pada tahun 24 September 1946 oleh dua orang dari Amerika Serikat dan Australia.

Now You’really flying

Aliansi             : Oneworld
Armada           : 131

3. Singapore Airlines (Singapura)

10 Maskapai Terbaik 2016


Dengan kode IATA SQ, Singapore Airlines merupakan maskapai nasional yang dimiliki oleh Singapura. SQ adalah salah satu maskapai terbaik dan tersukses di Asia dengan penerbangan ke Eropa, Amerika Utara, serta Australia dan Asia. Didirikan pada tahun 1 Mei 1947 sebagai Malayan Airways dan pada tanggal 1 Oktober 1972 berubah nama sebagai Singapore Airlines.

A Great Way to Fly

Aliansi             : Star Alliance
Armada           : 100

2. Qatar Airways (Qatar)

10 Maskapai Terbaik 2016


Qatar Airways adalah nama maskapai penerbangan Qatar, yang memiliki basis utama di Bandara Internasional Doha. Saat ini, Qatar Airways melayani 75 tujuan internasional dan merupakan salah satu dari 5 maskapai penerbangan yang mendapatkan status five star airlines dari Skytrax. Didirikan pada tanggal 22 November 1993 dan merupakan sponsor salah satu klub sepakbola dunia FC Barcelona sampai sekarang.
Aliansi             : –
Armada           : 137

1.    Emirates (Uni Emirat Arab)

10 Maskapai Terbaik 2016


Emirates (persatuan) merupakan maskapai penerbangan yang berpusat di bandara internasional Dubai, Dubai, UEA. Maskapai ini mengalami kemajuan pesat sekitar tahun 2000 an di saat maskapai lain berjuang dari kebangkrutan. Didirikan pada tahun 1985 dan merupakan sponsor klub sepakbola terbesar di dunia seperti Real Madrid, Arsenal dan Paris Saint Germain.

Flying Emirates. Keep Discovering

Aliansi                    : –
Armada                  : 103

Lalu, bagaimana dengan Garuda Indonesia?

10 Maskapai Terbaik 2016


Untuk tahun 2016, posisi maskapai dengan kode IATA GA ini turun menjadi posisi 11 maskapai terbaik dunia dibanding dengan tahun 2015 yang menempati posisi 8 terbaik dunia. Garuda Indonesia merupakan maskapai yang mendapat anugerah penghargaan sebagai maskapai “berbintang 5” sedunia dari Skytrax dan menjadi anggota dari 8 maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut.

Didirikan pada tahun 26 Januari 1949 dengan bandara utama Soekarna-Hatta International airport. Tahun 2013, Garuda Indonesia mendapat dua penghargaan dari Skytrax yaitu “World Best Economy Class” dan “World Best Economy Class Seat”. Pada pertengahan tahun 2014, Garuda Indonesia mendapat penghargaan “World’s Best Cabin Crew”.

The Airline of Indonesia

Aliansi             : Skyteam
Armada           : 146

Teuku Muhammad Iqbal

Pin It on Pinterest

Share This