Seperti janji saya beberapa waktu lalu, saya secara khusus akan membahas tentang kartu transportasi yang akan digunakan selama berada di Beijing. Beijing merupakan ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan salah satu kota terpadat penduduknya di dunia. Nah setiap kota di dunia pasti berbeda-beda dong cara dan mekanisme untuk sistem transportasinya, seperti halnya di Beijing.

Sebelum kita berbicara lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dulu apa itu Yikatong Card. Yikatong Card atau Beijing Transportation Smart Card/Beijing Municipal Administration Traffic Card  adalah kartu transportasi umum yang biasa di pakai oleh warga Beijing sendiri maupun turis yang baru tiba di Beijing.  Yikatong sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Mandarin dan sudah coba saya search di google ga ketemu artinya wkwk.

Malam itu saya pertama kali tiba di Beijing setelah menempuh perjalanan darat menggunakan kereta cepat/bullet train dari stasiun Shanghai Hongqiao ke stasiun Beijing South dengan waktu tempuh ± 4 jam 30 menit. Saat tiba di stasiun South Beijing, saya langsung mencari gerai yang menyediakan kartu ini. Waktu itu saya membeli kartu ini seharga 50 CNY (China Yuan), termasuk di dalamnya saldo yang bisa kita top up dengan kelipatan minimal 10 CNY. Di dalam saldo 50 CNY saya itu, ada deposit 20 CNY yang dikembalikan ke kita kalo kita balikin kartu ini ke mereka.

Kartu Yikatong

Kartu ini dapat dengan mudah kita temukan di setiap stasiun dalam kota dan lagi lagi sangat bermanfaat kalo kita ingin menikmati kota ini. Untuk kalian yang ingin berada 5 – 6 hari di Beijing, saya sarankan isi aja 100 CNY. Biasanya sekali nge tap saat naik subway itu sekitar 4 – 5 CNY tergantung jauh enggaknya perjalanan kita dan kartu ini juga bisa digunakan kalo kita naik bus.

Setelah kita mengetahui kegunaan kartu ini, kita juga harus menguasai jalur subway di Beijing, paling enggak kita ngga buta map sampe disana hehe. Untuk lebih memudahkan kita, jangan lupa download aplikasi Beijing Subway Map di handphone kalian yaa! Useful banget.

Rute Subway Beijing

Sumber: ChinaTour360.com

Keterangan:

Jadwal operasi subway di Beijing biasanya dimulai pukul 5 pagi sampai 11 malam. Nah dengan sedikit penjelasan dari tulisan saya ini, sudah siapkah kalian melencong ke Beijing?

 

 

 

Teuku Muhammad Iqbal

Pin It on Pinterest

Share This