Ada yang spesial dari maskapai Batik Air hari ini Rabu, 19 Desember 2018. Batik Air resmi meluncurkan rute penerbangan baru dari bandara internasional Soekarno-Hatta Jakarta ke bandara internasional Banyuwangi setiap harinya.

Lebih spesial lagi tentunya dalam penerbangan perdana ini saya berkolaborasi dengan para vloggers elite Indonesia seperti Rius, Rahmat dan Indra yang akan melakukan aksi “Flight Review” dan ditemani langsung sama pilot Batik Air yang lagi hits dan kece, siapa lagi kalo bukan Capt. Vincent Raditya.

Membayangkan kata “Banyuwangi” ini saya langsung teringat saat kecil dulu saya pernah mendengar cerita rakyat tentang asal usul nama Banyuwangi (Banyu artinya air, wangi artinya harum) dan dikisahkan pula seorang raja yang terkena hasut sehingga membunuh istrinya dan seketika air sungai tersebut menjadi harum dan bla bla bla sampe tamat wkwk.

Batik Air Terbang Perdana Jakarta ke Banyuwangi
Kawah Ijen, Banyuwangi (photo by Zulfahmi Khani)

Banyuwangi memang dikenal dengan banyak wisata unggulan, menyimpan pesona yang begitu menakjubkan. Nggak heran kalo belakangan ini membuat banyak wisatawan untuk segera berkunjung kesini, seperti Kawah Ijen yang terkenal sebagai titik pertama dari Segitiga Berlian Banyuwangi. Keunikannya ada fenomena api biru (blue fire) satu-satunya di dunia.

Bagi pecinta alam, Taman Nasional Baluran bernuansa Afrika siap memanjakan mata, terlebih safari saat pagi atau sore hari untuk melihat satwa liar keluar mencari makan menuju savana.

Taman Nasional Baluran, Banyuwangi (photo by Majestic Java)

Ketenaran Banyuwangi selalu mengundang daya tarik wisatawan dan pebisnis. Untuk itu, bagi kamu yang akan menghabiskan liburan akhir tahun, memilih Banyuwangi sebagai destinasi tujuan liburan tidaklah berlebihan. Batik Air dengan Airbus A320-200CEO member of Lion Air Group siap membawa kamu untuk merasakan pengalaman baru ke Banyuwangi mulai 19 Desember 2018.

***

Hari yang dinantikan itu tiba. Saya berangkat dari Bekasi pukul 3 pagi menggunakan bus Damri tujuan bandara dan tiba di terminal 2E pada pukul 5 pagi. Batik Air yang semula beroperasi di terminal 1C sudah pindah ke terminal 2E sejak 5 Desember 2018 sehubungan dengan adanya revitalisasi bandara. Seperti yang kita ketahui, sebelumnya terminal 2E ini merupakan terminal untuk penerbangan rute internasional.

Home base Batik Air di Terminal 2E bandara internasional Soekarno-Hatta

“Kami sedang melakukan revitalisasi. Revitalisasi merupakan unsur penting yang diperlukan dalam meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, dalam keterangannya yang saya kutip dari Republika. Lengkapnya bisa klik disini.

Boarding Pass Batik Air

Selesai proses check-in, saya langsung menuju lounge Batik Air yang ada di gate E7. Sejak awal saya sudah mempersiapkan semuanya, membayangkan betapa seru nantinya saya akan meng-review rute penerbangan baru Batik Air untuk pertama kalinya terbang ke Banyuwangi.

Saat saya lagi asyik ngevlog di lounge Batik Air, tampak CEO Batik Air Capt. Achmad Luthfie beserta jajarannya sedang menuju lounge ini dan di antara direksi itu mata saya tertuju dengan sosok seorang pilot yang sangat saya kagumi, beliau adalah Capt. Vincent. Seketika saya menghentikan vlog saya dan langsung menghampiri beliau mengajak untuk foto bersama sembari ngevlog bareng dengan idola saya ini.

Bukan Capt. Vincent namanya kalo di tangannya ga ada kamera wkwk. Ternyata beliau lagi ngevlog juga. Saya nekat ajak beliau ngevlog bareng siapa tau saya bisa ketularan eksisnya Capt. Vincent nantinya haha. *aminkan saja

Sebelum pesawat Batik Air boarding, terlebih dahulu ada acara seremonial serta pengalungan bunga kepada para penumpang kelas bisnis dan kelas ekonomi yang diwakili oleh penumpang yang terpilih dalam penerbangan rute perdana ini. Prosesi acara dipimpin langsung oleh CEO Batik Air, Capt. Achmad Luthfie.

CEO Batik Air, Capt. Achmad Luthfie bersama calon penumpang kelas bisnis

Layanan perdana Batik Air dimulai dengan nomor registrasi ID-6590. Pesawat lepas landas melalui bandara internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) pukul 08.25 WIB dan akan mendarat di bandara internasional Banyuwangi (BWX) pada pukul 10.05 WIB.

Untuk penerbangan sebaliknya Batik Air terbang pada 11.05 WIB dari Banyuwangi menggunakan nomor ID-6591 dan dijadwalkan tiba di Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 12.45 WIB.

Wajah ceria terpancar dari setiap penumpang saat memasuki waktu boarding. Satu per satu calon penumpang dipersilahkan masuk ke dalam pesawat dan menerima tas bertuliskan Wonderful Indonesia yang di dalamnya berisi “souvenir” dari Batik Air. *penasaran yaak isi dalamnya apa wkwk

Brand Pariwisata Indonesia “Wonderful Indonesia”

Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie mengungkapkan, “Batik Air sangat menyambut baik antusias dari pebisnis dan wisatawan yang menginginkan pilihan baru bepergian ke Banyuwangi. Batik Air menghadirkan penerbangan langsung, akan dilayani dengan Airbus A320-200 berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, armada terbaru yang dilengkapi inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi. Rute tersebut dilayani secara reguler pergi-pulang (PP) berjadwal satu kali setiap hari.

Buletin bulanan Batik Air edisi Desember 2018
Hot meals Batik Air Jakarta – Banyuwangi

Perjalanan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi ditempuh dalam waktu 1 jam 20 menit waktu normal. Jadi kamu ngga usah khawatir kalo nantinya boring dan lapar, karena maskapai menyediakan inflight entertainment yang cukup menarik dan hot meals yang siap menemani penerbanganmu.

Water salute di bandara internasional Banyuwangi
Foto bersama direksi Batik Air dan bupati Banyuwangi beserta jajaran pemerintahan

Pesawat mendarat dengan mulus di bandara internasional Banyuwangi dan disambut dengan “water salute” yang artinya pemberian hormat pada penerbangan perdana dan rute baru sebuah maskapai yang baru tiba di apron bandara.

Selanjutnya saya beserta direksi Batik Air dan seluruh kabin kru dalam penerbangan ini mengikuti proses acara penyambutan yang dihadiri langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta seluruh jajarannya. Saya harap Banyuwangi terus memberikan wisata terbaiknya seperti brand yang melekat di dalamnya “Majestic Banyuwangi”.

Selama lebih kurang satu jam di bandara Banyuwangi, pukul 12 WIB saya dan lainnya bersiap bertolak balik ke Jakarta dengan maskapai yang sama dengan nomor registrasi ID-6591. Journey Begins and Save flight.

Iqbal (dokterbackpacker.com)

Life is only once, make it meaningful.

Pin It on Pinterest

Share This