Percaya nggak kalo harga tiket pesawat Jakarta ke Kuala Lumpur harganya cuma 30 ribuan? Kamu harus percaya! Bukan maskapai “low cost carrier” saat saya tahu Malaysia Airlines yang menawarkan harga promo untuk trip ini.

Mungkin bagi kamu yang mendapatkan promo ini harus bersyukur banget! Kenapa? Jarang-jarang maskapai sekelas Malaysia Airlines memberikan harga segitu dari Jakarta ke Kuala Lumpur sekalipun di kelas ekonomi. Iseng-iseng pagi hari saya ngecek situs traveloka setelah dapat kabar dari temen kalo maskapai ini lagi ngadain promo tiket.

Sumber: Google Play

Benar ternyata, nggak lama setelah saya cek dan mau pesan tiketnya, promonya sudah habis “sold out” untuk semua penerbangan bulan November kemarin. Hal yang membuat saya meleleh itu ketika tau harga tiket kelas bisnisnya 60 ribuan doang untuk sekali jalan wkwk.

Gimana? Kamu pasti kepengen kan jadinya haha. Sengaja saya screenshot ini kalo-kalo apa yang saya ceritakan ini benar adanya. Harga tiket Malaysia Airlines Jakarta – Kuala Lumpur seperti harga makan siang kamu di mall bahkan lebih wkwk. Bagi wisatawan ala backpacker seperti saya, inilah salah satu momen penting dalam hidup, bisa dapat tiket murah untuk liburan nantinya.

Biasanya harga tiket normal dari Jakarta ke Kuala Lumpur itu 500 ribuan untuk sekali jalan. Itu harga tiket seperti maskapai AirAsia atau Lion Air saja, kalo mau Malaysia Airlines harganya bisa lebih 1 jutaan. Maka dari itu banyak calon penumpang yang memesan tiket pergi-pulang untuk berpergian karena harganya pasti lebih murah.

Dalam tahun ini saya sudah beberapa kali terbang bersama Malaysia Airlines. Bagi saya, maskapai ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya dalam segala kategori. Misalnya nih saya ambil contoh dari harga tiket yang ditawarkan mulai bersaing dengan maskapai top regional lain seperti Thai Airways dan Vietnam Airlines.

Penilaian dari customer untuk Malaysia Airlines (2018). Sumber: Skytrax

Kenapa bisa murah sampe segitunya?

Menurut saya, ini salah satu cara Malaysia untuk meningkatkan kembali jumlah wisatawan ke negaranya. Mengingat beberapa waktu lalu setelah musibah jatuhnya maskapai Lion Air dengan nomor registrasi JT 610 tujuan Jakarta – Pangkal Pinang. Banyak masyarakat khususnya Indonesia yang “phobia” untuk menggunakan jasa angkutan udara.

Untuk kita ketahui semua bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak menyumbang wisatawannya yang ingin berlibur ke negeri ini. Karena  letak geografisnya yang berdekatan, Malaysia dengan ibu kotanya Kuala Lumpur memiliki terminal berbiaya murah (low cost carrier terminal) yang berada di terminal 2 bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA 2). Mau tau info lebih lanjut mengenai terminal berbiaya murah Kuala Lumpur ini bisa klik disini.

Berbeda halnya kalo kamu nanti naik maskapai Malaysia Airlines, kamu akan landing di terminal 1 bandara internasional Kuala Lumpur (KLIA 1). Di terminal ini banyak maskapai dengan rute yang lebih jauh dengan jarak antar benua dan biasanya maskapai yang parkir disini maskapai berbadan lebar (wide body).

Biar kamu nggak penasaran, di bawah ini ada beberapa spot foto dari terminal 1 bandara internasional Kuala Lumpur (KLIA 1) yang saya abadikan beberapa waktu yang lalu.

Departure Hall

Check-in Area

Public Area / Shop

Toilet

Nah sekarang siapa di antara kamu yang akan berlibur ke Kuala Lumpur dalam waktu dekat ini? Bagi kamu yang hobi jalan-jalan, nggak ada salahnya buat mantau harga tiket di aplikasi mobile kamu dan nantikan promo menarik lainnya hanya disini.

Iqbal (dokterbackpacker.com)

Life is only once, make it meaningful.

Pin It on Pinterest

Share This