Ketika kita berpergian dengan maskapai penerbangan, sudah pasti kita terlebih dahulu harus membeli tiket. Tiket merupakan suatu dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang biasanya berisi rute, tanggal, harga dan data penumpang yang akan melakukan perjalanan.

Setelah proses booking/pembelian tiket berjalan lancar, selanjutnya kita dihadapkan pada proses check-in, boarding pass dan boarding time yang biasanya dilakukan sebelum keberangkatan. Semua proses ini merupakan standar prosedur yang harus dilakukan calon penumpang untuk sampai ke tujuan yang diinginkan.

Check-In

Check-In adalah proses konfirmasi calon penumpang pada maskapai sesaat sebelum menaiki pesawat terbang. Check-In dapat dilakukan secara manual di setiap counter maskapai atau secara mandiri yang bisa dilakukan pada mesin check-in (self check-in) yang disediakan di setiap bandara.

Check-In dapat juga dilakukan via mobile sehari ataupun dua hari sebelum jadwal keberangkatan dan tergantung pada kebijakan setiap maskapai. Check-in online tentunya sangat bermanfaat dikarenakan proses antrian yang biasanya terjadi di bandara membuat kita harus menunggu lama dan yang lebih fatal kita bisa ditinggal oleh pesawat. Maka dari itu, check-in online merupakan solusi dari maskapai penerbangan untuk memudahkan kita tanpa harus mengantri di counter bandara.

Boarding Pass

Boarding Pass adalah dokumen akses untuk menaiki pesawat yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan kepada calon penumpang yang telah melakukan proses konfirmasi keberangkatan (check-in).

Boarding Pass bisa diperoleh setelah kita melakukan proses check-in ulang terlebih dahulu di setiap counter baik itu secara manual maupun online. Nantinya kita akan memperoleh cetakan boarding pass yang biasanya berisi identitas diri, gerbang (gate) berapa, nomor penerbangan, waktu boarding, nomor kursi dan sebagainya.

Boarding Pass maskapai AirAsia

Boarding pass maskapai Garuda Indonesia

Boarding Time

Flight Information Board

Boarding time atau waktu boarding adalah waktu calon penumpang dipersilahkan memasuki pesawat. Waktu boarding ini pada umumnya berkisar antara 30-45 menit sebelum pesawat lepas landas (take-off). Setiap maskapai penerbangan memberikan “waktu” boarding time ini berbeda-beda tergantung kebijakan maskapai.

Untuk penerbangan domestik dan internasional, alangkah baiknya kita checkin 90 menit sebelum jadwal keberangkatan yang tertera di tiket maupun e-ticket.

Gimana sobat? Apakah setelah membaca tulisan ini membuat sobat lebih paham tentang istilah di penerbangan? Semoga bermanfaat~

 

Teuku Muhammad Iqbal

Pin It on Pinterest

Share This