Apa yang ada dipikiran kamu kalo mendengar istilah “Benua Biru”? Yesss, Benua Biru merupakan julukan untuk Eropa. Di sekolah dulu kita sering dengar istilah ini kan yaak ? Ada 2 alasan kenapa Eropa disebut sebagai Benua Biru. Pertama, masyarakat dari benua tersebut mayoritas mempunyai mata berwarna biru cerah. Kedua, terdapat banyak kerajaan-kerajaan zaman dahulu yang sangat mahsyur sehingga adanya istilah darah biru (bangsawan).

Saya ngga bahas panjang lebar pelajaran “Sejarah” yang sudah kita dapet sewaktu di bangku sekolah dulu, apalagi pelajaran ini merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat membosankan bagi saya waktu itu dan obat yang mujarab untuk tiduran dalam kelas dan menghayal tentang sejarah itu sendiri. *sambil ngimpi biar bisa kesana hehe

Dari kiri: bang Steven, saya dan bang Dani. Btw, bang Dani baru aja pulang backpackeran 32 hari ke Eropa wkwk *nelan ludah

Well, seperti tema di atas, saya rencananya tahun 2019 nanti akan backpackeran ke Eropa barat dan timur, Insya Allah. Bersama sobat backpackeran saya bang Steven dari Jakarta sudah fix memilih musim semi sebagai musim mencari jodoh antara bulan April sampai Mei. Kami rencananya disana selama sebulan lebih dan akan berkunjung ke 14 negara bahkan lebih.

Kenapa lama banget sampe sebulan gitu? Jawaban ganteng dari saya adalah, nanggung banget guys kalo sudah ada di Eropa tapi cuma seminggu atau dua mingguan, mahal di biaya tiket pesawat juga euyy wkwk.

Penasaran kami akan backpackeran ke mana aja selama di Eropa? Berikut saya list kota-kota kece yang akan kami singgahi nantinya.

  1. Amsterdam / Belanda
  2. Paris / Perancis
  3. Luzern / Swiss
  4. Milan / Italia
  5. Pisa / Italia
  6. Roma / Italia
  7. Venice / Italia
  8. Ljubljana / Slovenia
  9. Budapest / Hungaria
  10. Belgrade / Serbia
  11. Bratislava / Slowakia
  12. Vienna / Austria
  13. Praha / Republik Ceko
  14. Berlin / Jerman
  15. Koln / Jerman
  16. Luxemburg / Luxemburg
  17. Brussels / Belgia
  18. Antwerp / Belgia
  19. Bruges / Belgia
  20. Istanbul / Turki

Untuk biaya dan itinerary kesana gimana?

Biaya yang mahal pasti, karna hampir semua negara di Eropa menggunakan euro sebagai mata uang keseharian mereka. Seperti biasa ala anak backpacker, kita akan share cost untuk biaya selama disana dan tentu itu lebih irit bagi kita semua. Untuk sementara budget yang harus dipersiapkan sekitar 30 – 35 juta rupiah setelah dihitung-hitung.

Itinerary perjalanan sudah selesai. Saya akan share untuk temen-temen yang serius mau ikut dan nantinya akan saya invite ke dalam grup whatsApp setelah menyetor dp sebesar 2 juta rupiah, dp ini untuk tanda keseriusan aja wkwk.

Terus bal gimana sama visa ke Eropa?

Nah untuk visa, kalo kita berkunjung ke negara-negara di Eropa, ada satu visa ajaib yang harus kita miliki, yaitu visa Schengen. Saya akan apply visanya di akhir bulan januari nanti, dan sangat merekomendasikan proses pengajuannya barengan biar lebih mudah diterima di kedutaan.

Visa Schengen itu apa sih bal?

Visa Schengen adalah visa khusus yang dapat dimiliki oleh setiap traveler untuk berpergian ke negara-negara Uni Eropa. Visa ini adalah hasil dari perjanjian Schengen yang dilakukan negara-negara Uni Eropa di Schengen, salah satu kota di Luxemburg pada tahun 1985.

Salah satu isi dari perjanjian tersebut adalah penghapusan pengawasan perbatasan di antara negara-negara Uni Eropa dan  mencakup berbagai aturan kebijakan bersama untuk izin masuk suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Itu artinya kita ga perlu repot-repot untuk membuat visa jika kita ingin pindah negara atau susahnya imigrasi di tiap negara.

Tercatat ada 25 negara (22 negara Uni Eropa dan 3 negara non-Uni Eropa) yang bisa kita singgahi dengan menggunakan visa ini yaitu Austria, Belanda, Belgia, Denmark, Estonia, Finlandia, Hungaria, Islandia, Italia, Jerman, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Norwegia, Perancis, Polandia, Portugal, Republik Ceko, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Yunani.

Secara kita akan backpackeran selama sebulan lebih di negeri orang, pasti fisik dan emosional akan terganggu dan itu pasti terjadi nantinya di tengah perjalanan. Jadi saya berharap banget buat temen yang serius dan strong untuk trip ini, susah sama ditanggung senang sama dirasa.

Masih penasaran? Jangan. Mending rasa penasarannya kamu tumpahkan di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Kamu bisa share bebas ke temen-temen backpacker lainnya dan besar harapan semoga tulisan ini bermanfaat, karna sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi saudaranya.

Contact me via whatsApp : 085277717593 (Iqbal)

Iqbal (dokterbackpacker.com)

Life is only once, make it meaningful.

Pin It on Pinterest

Share This