Ngga asik liburan ke Korea kalo ngga mampir main juga ke pulau ini. Banyak drama Korea yang memilih pulau ini sebagai lokasi syuting loh misalnya drakor Warm and Cozy / Maendorong Ttottot. Selain karena keindahan alamnya, pulau ini juga jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Itulah kenapa rame orang Korea sendiri yang menghabiskan waktu liburan di pulau ini.

Yaa pulau Jeju namanya atau Jeju-do yang merupakan pulau terbesar di Korea dan terletak di sebelah selatan semenanjung Korea. Pulau ini saya analogikan seperti pulau Bali di Indonesia, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selain dari dua destinasi yang saya sebutkan diatas.

Dari atas langit kota Seoul dengan maskapai domestik Korea Selatan T’Way Air Boeing B737-800 dari bandara Gimpo (GMP) ke bandara Jeju (CJU)

Karna tiba di Jejunya malam hari, saya bersama temen2 langsung cuuuss ke tempat penginapan yang letaknya ngga jauh dari Jeju Intercity Terminal Bus (sebenarnya ada tragedi hari itu dimana penginapan yang ane booking di cancel siang harinya, tapi ane skip aja deh dan penginapan yang sekarang ini adalah penginapan lain yang ane pesan di tempat/On the Spot hehe).

Langit tampak cerah di hari pertama saya berada di Jeju. Hari ini saya sama temen2 mau pergi ke dua lokasi yang sangat terkenal di pulau ini yaitu Seongsan Ilchulbong dan Seopjikoji. Dua tempat wisata ini saya masukkan ke dalam itinerary hari pertama saya liburan di Jeju. Why??? Karna 2 tempat ini yang paling banyak ulasannya saat saya cek di TripAdvisor.

Diajak kemana pun saya harus ditemani sama yang namanya kopi. (latar belakang: Seongsan Ilchulbong)

Seongsan Ilchulbong

Seongsan Ilchulbong atau Seongsan Sunrise Peak merupakan salah satu kawah gunung berapi yang ada di dunia dan It’s one of the most scenic landmarks of Jeju Island and a UNESCO World Natural heritage.

Pada pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO ke-31 yang diadakan di Selandia Baru pada 27 Juni 2007,  mereka sepakat untuk memasukkan situs wisata yang terletak di Jeju ini ke dalam daftar warisan dunia yang harus di lindungi.

Seongsan Ilchulbong di Jeju

Seongsan Ilchulbong terletak di kawasan Seongsan-eup, Seogwipo, sebelah timur pantai Jeju. Untuk bisa sampai kesini, kita bisa naik bus yang memang notabene nya bus merupakan transportasi publik pulau Jeju yang sudah “mengcover” seluruh pulau ini dengan sangat baik. Kerennya lagi setiap bus di Jeju ini terkoneksi dengan Jeju Free Wifi, daebakk.

Jeju free wifi dalam bus (lingkar merah)

Selama 3 hari berada di Jeju, saya tinggal di Jeju R Guesthouse yang beralamat di 5 Seogwang-ro 14-gil, Samdoil-dong, Cheju, Jeju-do. By the way, Penginapan saya ini letaknya strategis banget guys, kita bisa jalan kaki ke Jeju Intercity Terminal Bus dan yang paling the best lagi adalah jaraknya hanya 10 menit naik bus/taksi dari Jeju International Airport.

Jeju R Guesthouse, Jeju

Suasana di dalam lobi

Saat di Jeju Intercity Terminal Bus (JITB), kita harus naik bus dengan nomor 201 untuk bisa sampai di Seongsan Ilchulbong dan harus turun di halte Seongsan-ri Office. Jarak tempuh dari JITB ke Seongsan ± 1 jam 30 menit kalo jalanan lancar. Sampai di halte ini kita bisa jalan kaki selama 5 menit untuk bisa tiba di lokasi. Seperti di Seoul, kita bisa menggunakan kartu T-money sebagai kartu transportasi selama berada di Jeju. Harga sekali tap naik busnya kemana pun kita pergi hanya 1.350 won, jadi cukup irit deh menurut saya pribadi hehe.

Untuk bisa menikmati keindahan Seongsan Ilchulbong, kita lebih dulu harus beli tiket masuk dengan harga 2.000 won/orang. Harganya termasuk murah sih untuk kita turis asing. Sesuai dengan namanya Seongsan Sunrise Peak, tempat ini merupakan salah satu spot yang bagus untuk menikmati indahnya matahari terbit dari sebelah timur.

Tiket masuk Seongsan Ilchulbong

Untuk bisa mencapai puncak dari kawah ini, kita diwajibkan mendaki bukit yang lumayan tinggi. Tapi kalian ga usah khawatir, karna ada tangga yang memang diperuntukkan untuk kita bisa sampai di puncaknya.

Pemandangan dari atas puncak Seongsan

Poto dulu sama bapak dari Thailand. Beliau hobi jalan2 juga sama istrinya. Istrinya lumayan bisa bahasa Indonesia loh hehe

Kalian akan disuguhi pemandangan yang fantastis saat berada di puncak bukit ini. Jangan lupa abadikan moment berfoto saat mendaki, bisa jadi ini kenangan seumur hidup sekali wkwk. Untuk mencapai puncak bukit ini, akan memakan waktu sekitaran 10 – 15 menit. Waktu yang normal kecuali kalo kalian atlit panjat tebing, hihi

Akhirnya tiba di puncak Seongsan Ilchulbong

Sekedar informasi, tempat ini ditutup untuk publik pada pukul 5 sore. Jadi sebelum jam 5 sore temen2 sudah bisa turun dari bukit ini untuk cari aman.

Jus jeruk asli dari Jeju

Saya juga sarankan untuk temen-temen coba minum jus jeruk yang satu ini saat turun dari bukit. Kalian bisa mendapatkan jus ini di gerbang masuk dari Seongsan Ilchulbong. Harganya 4.000 won atau sekitaran 50 ribuan, lumayan kan setelah capek naik bukit minum jus jeruk dingin hehe.

Sekitar pukul 3 sore setelah selesai main di kawasan Seongsan, saya sama temen-temen lanjut makan siang. Saya coba singgah di salah satu restoran terdekat (niatnya mau coba makan seafood yaa secara Jeju terkenal akan makanan lautnya), dan untuk 1 porsi seafood lengkap (ada abalon, udang, kepiting, ikan dan sejenisnya makanan laut) itu harganya 250.000 won atau tepatnya 3 jutaan (langsung ane nyungsep and tepok jidat). Jadi saran saya kalo kalian mau makan cari restoran yang agak jauh dari tempat wisata.

Akhirnya saya sama temen makan siang disini

Ngga ingat lagi nama makanannya apa, yang jelas ini aman untuk muslim

1 porsinya 8.000 won, masih sehat harganya wkwk. Nasi putih plus daging sapi, ada jamur juga kayaknya

Oh iya, buat kalian yang mau beli oleh-oleh khas Jeju, di area Seongsan Ilchulbong ini sangat banyak toko yang menjual berbagai souvenir dan banyak pilihan yang bisa kita liat. Malah dibandingin harganya dengan Dongmun Market di kota Jeju masih jauh lebih murah harga souvenir yang dijual di Seongsan Ilchulbong ini.

Seopjikoji

Lanjut setelah makan siang saya meneruskan perjalanan ke salah satu tempat wisata yang bagus untuk menikmati sunset. Wisata yang saya maksud disini adalah Seopjikoji. Saya bersama temen memilih naik taksi menuju kesana. Kenapa? Karna jaraknya lumayan jauh dari tempat kami makan ke Seopjikoji ini dan taksi merupakan transportasi alternatif selama berada di Jeju dan daerah lain tentunya hehe.

Jarak dari Seongsan Ilchulbong ke Seopjikoji

Gerbang masuk Seopjikoji

Kalo kalian memilih taksi, palingan kita bayarnya sekitaran 7.000 won untuk 1 taksi (maksimal 4 orang dalam 1 taksi) dan langsung diantar di tempat parkiran Seopjikoji (seperti gambar di atas). Walaupun semua rute sudah tercover dengan baik sama bus, tapi kita juga harus melihat tempat wisata yang kita tuju itu dekat atau enggak dengan halte busnya, kayak Seopjikoji ini yang menurut saya jauh dari halte bus. Jadi tergantung sikon juga deh kalo main kemana-kemana.

Saya tiba di Seopjikoji ini sekitaran pukul 5 sore. Karna saya pecinta landscape photography jadi ngga ada salahnya juga untuk datang kesini. Sore itu angin laut berhembus lembut. Hembusan angin ini seakan berbisik kepada saya “ayo nikmati keindahan ini”, begitu kira-kira yang saya rasakan saat pertama tiba disini. Tanpa pikir panjang saya mencoba mengambil beberapa gambar di kawasan ini.

“Seopji” artinya sebuah daerah lama dan “koji” adalah dialek Jeju yang berarti gundukan yang tiba-tiba muncul ke daratan. Jadi Seopjikoji ini seperti bukit yang bergelombang di sepanjang tebing pinggiran pantai. Jadi memang bener-bener tempat yang bagus untuk kalian yang mau menikmati sunset.

Untuk  masuk ke sini kita ngga bayar tiket kok alias gratis. Di kawasan ini juga tersedia toilet umum untuk cwo dan cwe, jadi ga usah khawatir kalo kebelet habis makan abalon yang ditangkep sama ahjumma wkwk.

Toilet umum di Seopjikoji

Nah ini nih masalahnya kalo berada di pulau Jeju, lokasi wisatanya tersebar di hampir setiap pelosok pulau dan jaraknya lumayan jauh. Jadi saran saya, kalo kalian mau liburan ke Jeju, mending tinggal di kotanya aja deh dan cari penginapan yang deket-deket dengan terminal bus. Jadi lebih mudah kalo kemana-mana nantinya. Perhatikan juga nomor setiap bus, beda nomor bus beda jurusan yang dituju. Oh iyaa, jangan lupa untuk terus tetap terhubung dengan internet dimana pun kalian berada, dengan wifi pocket dari Passpod. Dijamin oke deh menemani liburan kalian hihi.

Buat kalian yang ingin tau lebih lanjut tentang Tips dan Pengalaman gimana liburan di pulau Jeju, bisa langsung menanyakan di “kolom komentar” yang tersedia di bawah artikel ini yaa. Saya akan merespon pertanyaan kamu dengan cepat.