Apa yang membuat kita khawatir untuk bisa liburan ke luar negeri? Seakan-akan kekhawatiran itu datang untuk “menghambat” rencana liburan kita. Memang sih untuk liburan itu harus ada beberapa persiapan apalagi liburan ke luar negeri, mesti ada persiapan yang cukup dong. Nah dalam artikel ini saya akan berbagi tips hemat ala backpacker agar liburannya menyenangkan dan tentu dengan budget yang minimal.

Ada beberapa cara agar liburan ke luar negeri kita itu minim budget dan pastinya ngga mempengaruhi tujuan liburan kita nantinya. Yukk di baca sampai selesai yaa.

1. Rencanakan liburannya jauh-jauh hari dan saat “Low Season”

 

Tentunya kalo kita ingin pergi liburan sudah pasti memilih kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke suatu negara. Banyak keuntungan yang akan kita peroleh dengan menerapkan hal ini. Misalnya saja kita ada waktu untuk mencari temen-temen ngetrip bareng kita nantinya.

Liburan di negeri yang memiliki empat musim pastinya menjadi tantangan tersendiri karna kita harus beradaptasi dengan lingkungan setempat. Usahakan liburannya jangan di saat “High Season”, karna biasanya harga tiket pesawat disaat ini melonjak drastis dari harga biasanya.

2. Sharing Cost bareng temen

 

Ini nih yang bikin biaya liburan kita terasa nyaman karna ada temen. Pengalaman saya setiap ingin berpergian ke luar negeri, sebisa mungkin saya akan mencari temen yang sama-sama memiliki jiwa seorang traveler.

Sharing Cost yang saya maksud disini adalah berbagi semua hal saat liburan nanti. Jadi ngga harus “berbagi” biayanya aja, banyak yang bisa kita bagi, bagi bedak dan parfum misalnya lol.

Mendapatkan temen traveling yang asik merupakan salah satu kunci enjoy atau enggaknya liburan kita nantinya loh hehe.

3. Beli tiket disaat promo

 

Harga tiket ke luar negeri mahal”??? ngga juga kok. Banyak situs untuk tiket pesawat yang menyediakan berbagai tiket promo terbaik yang bisa kita cari seperti Traveloka, Tiket.com, Airy dan lain sebagainya.

Saat ini banyak perusahaan yang gencar-gencarnya mengadakan Travel Fair di mal-mal besar di tanah air. Bagi traveler ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dari harga normalnya.

Seperti maskapai nasional kita Garuda Indonesia yang sering mengadakan GATF (Garuda Indonesia Travel Fair) yang diadakan rutin setiap tahunnya di berbagai daerah di Indonesia. So, jangan lupa untuk terus pantengin jadwaltravel fair”nya yaa.

4. Pilihlah Guesthouse, jangan di hotel

 

Saat liburan ala backpacker ada istilahnya kamar “dormitory atau sering disingkat dorm yang artinya kamar asrama. Memang murah sih harganya karna kita saling berbagi dalam satu kamar dengan traveler lain, tapi kita juga harus mempertimbangkan faktor privasi (karna kita ngga tau sikap dan sifat orang beda-beda kan).

Kalo liburannya rame-rame bareng temen, saya sarankan untuk memilih guesthouse aja. Pilih 1 guesthouse yang di dalamnya ada beberapa kamar dan ruang lainnya (living room, kitchen, bathroom). Kita juga merasa lebih dekat dan nyaman sama temen-temen sendiri dibanding harus berbagi kamar sama orang asing.

5. Ada kenalan di negara yang ingin kita tuju

 

Pengen liburannya makin puas? Cobalah komunikasi sama temen (kalo ada) di negara yang akan kita kunjungi. Hal ini sangat efektif untuk kita nantinya agar lebih mengetahui keadaan daerah setempat.

“Kalo ga ada gimana”? (itu derita loe wkwk) Jangan khawatir, sekarang ini serba mudah kok. Cobalah temen-temen gabung di grup-grup traveling atau backpacker yang ada di media sosial. Disana nanti kita bisa sekedar nanya-nanya sama orang yang sudah pernah pergi ke tempat yang ingin kita tuju.

Syukur-syukur kalo ada temen yang mau menampung kita tinggal selama liburan, jadi makin menghemat biaya yang harus dikeluarkan bukan?

6. Pilih transportasi publik

 

Pertama, ini ngga berlaku buat temen-temen yang liburannya menggunakan jasa travel. Kenapa? Karna pasti pihak travel sudah menyediakan transportasi mereka selama liburan seperti bus, van atau sejenisnya.

Di negara yang maju, kita akan mudah untuk mengeksplor berbagai tempat wisata dengan menggunakan subway (MRT, LRT dll). Opsi lain temen-temen juga bisa memilih city bus kalo memang sistem bus di daerah yang ingin kita tuju tersebut sudah sangat bagus misalnya saja Hong Kong.

Baca: Transportasi Publik Hong Kong Terbaik di Dunia, Jakarta Peringkat ke-89

So, transportasi publik adalah pilihan yang bijak kalo temen-temen ingin menikmati liburan di luar negeri dengan budget yang pas-pasan. Dengan memilih transportasi publik, temen-temen juga bisa secara cepat beradaptasi dengan suasana di tempat tersebut.

Teuku Muhammad Iqbal

Pin It on Pinterest

Share This